Pengalaman Jadi Penulis Wattpad

images-10193550135

Halo guys, aku mau membahas pengalamanku jadi penulis Wattpad. Pasti yang terdampar ke postingan saya dan gak tahu apa itu Wattpad jadi bertanya-tanya. Apa sih Wattpad itu?

Wattpad adalah komunitas online bagi para penulis dan pembaca (cr: kompasiana). Di sana ada banyak buku cerita/ bukan dibubukan tetapi dianggap buku. Banyak juga orang yang hanya jadi pembaca. Untuk baca karya seseorang juga gak perlu keluarin uang. Cukup kuota doang kok.

Aku salah satu penulis wattpad. Awalnya jadi penulis blogger. Posting cerita fanfiction di blog pribadi, FFINDO, dan HighSchool Fanfiction. Tetapi semenjak terdampar ke Wattpad, aku lebih sering posting cerita di sana.

Aku punya dua akun wattpad, @farvidkar dan @farahvidakarina

Screen Shot 2018-07-02 at 10.05.59
@farvidkar akun utama tempat posting cerita cinta yang manis-manis. Romcom bertebaran dan fanfic juga ada
Screen Shot 2018-07-02 at 10.06.15
@farahvidakarina tempat cerita konten dewasa, bocah menjauh

Oh iya, cerita apa saja yang ada di Wattpad? jawabannya BUANYAKSS! Novel bocah, dewasa, humor, romcom, puisi pun ada loh. Pokoknya suka-suka penulis mau bikin buka apa saja.

Kalau aku sih bikin Fanfic dan Novel Indonesia. Tetapi sudah gak suka bikin fanfiction. Sekarang aku lebih suka bikin novel Indonesia, soalnya untuk dibukukan banyak jalur.

Awalnya tuh pembaca fanfictionku banyak, lumayan lah. Yang di vote dan komen cuma fanfic doang. Followerku juga banyakan penggemar korea. Selang dua tahun, aku mulai membuat novel Indonesia. Alhamdulliah mulai banyak dilirik orang. Awalnya kubuat cerita yang berjudul ‘Accismus’ yaa mainstreamlah. Kisah cinta anak SMA yang malu-malu kucing. Setelah itu ada juga ‘Apology’ aliran metropop yang di mix dengan bahasa Inggris.

Baru-baru ini yang banyak pembacanya adalah ‘Garis Putih di Lapangan Sekolah’ bahasanya luwes dan bersahabat. Gak kaku sehingga banyak yang suka. Tetapi ada lagi karyaku yang booming. Judulnya ‘Sabrina di Balik Pintu’ tebak genrenya apaan ayoo? hahaha. Konten dewasa diaktifkan. Penulisan sudut pandang orang pertama. Pembacanya meledak ledak. Nah, itu kali pertama aku bikin cerita dewasa dan luar biasa apresiasinya. Juli 2018, Garis Putih di Lapangan Sekolah sudah tamat dan views-nya 15K. Sedangkan Sabrina di Balik Pintu baru 18 chapter dengan views 89.8K. Silent readersnya buanyak banget loh.

Screen Shot 2018-07-02 at 10.02.25
Garis Putih di Lapangan Sekolah (2/7/2018) 15K views

 

Screen Shot 2018-07-02 at 10.02.07
Sabrina di Balik Pintu (2/7/2018) 89.8K views

Apa yang membuat aku bertahan di Wattpad? nulis nulis nulis!!!!! Aku suka menulis cerita, suka juga membagi cerita yang kubuat. Aku paling suka ketika dapat komentar dari pembaca. Komentar pedas juga aku suka. Apalagi kalo ada yang komen “Lanjut” walau singkat, tetapi artinya ada orang yang nunggu cerita aku dilanjutin dong? itu jadi penyemangat loh. Dan yang terpenting, ikutan eksis, siapa tahu terkenal dan ada penerbit yang ngelirik. Amin.

So, jika kalian suka baca buku? jadi reader aja di Wattpad. Dan jika kalian suka menuangkan imajinasi dalam tulisan, nulis aja di Wattpad.

Oh iya follow akun wattpad aku yaa, terus bilang follback supaya ku follow balik. Sekian dan terima kasih!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s